pesan imam al ghazali sebelum wafat

Imam Al ghazali merupakan seorang ulama besar yang  sangat berjasa di dalam menjaga islam dari pengaruh ajaran bid’ah dan aliran rasionalisme yunani. Beliau di lahirkan di Ghazalah, sebuah kota kecil yang terletak di Thus wilayah Khurasah yang pada masa itu merupakan salah satu tempat pusat ilmu pengetahuan islam. Imam Al ghazali lahir pada tahun 450H atau 1059 masehi dengan nama lengkap Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad Al Ghazali. Ketika masa hidup nya beliau banyak memberikan pendapat-pendapat tentang islam, mengarang kitab, dll.





6 Pesan Imam Al ghazali ketika masa hidup nya

1.       Yang paling dekat dengan dunia adalah kematian
Semakin hari kita semakin tua. Semakin hari kita semakin dekat dengan ajal. Maka dari itu perbanyaklah menuntut ilmu agama, perbanyaklah beribadah kepada Allah.

2.       Yang paling jauh di dunia, masa lalu
Bumi terus berputar. Waktu terus berlari tanpa menunggu kita, tanpa mau tahu bagaimana keadaan kita. Mungkin yang di maksud oleh imam al ghazali tentang masa lalu itu adalah kenangan dan pengalaman. Kedua itu mempunayai kesamaan. Sama sama tidak bisa kembali lagi dan hanya dapat kita ambil hikmah nya saja.
Sebagai contoh adalah kenangan masa kecil. Kenangan masa kecil kita semua sungguh sangat bahagia. Kita pernah menjadi bayi yang lucu, mungil dan menggemaskan. Kita pernah di manja. Pernah merasakan hangat nya belaian ibu dan pada waktu itu kita sungguh tenang, senang, bahagia, tertawa. Tanpa pernah memikirkan beban, masalah seperti sekarang ini. Ketika pertama belajar sepeda, lalu terjatuh dan berdarah.
Sekarang, itu hanya dapat kita kenang saja. Dan hikmah yang dapat kita ambil setelah merasakan jatuh sepeda itu adalah kini kita dapat menaiki sepeda dengan lancar.

3.       Yang paling berat di dunia ini adalah amanah
Menjaga amanah yang di berikan oleh orang itu sangat lah sulit. Anda semua pasti pernah merasakan juga.


4.       Yang paling besar di dunia adalah nafsu
Nafsu manusia itu sangat lah besar. Oleh karena itu, kita jangan sampai meNUHANkan nafsu kita sendiri. Walaupun kita tidak sanggup untuk melawan nafsu dengan sepenuh nya tapi setidaknya kita sudah berusaha untuk melawan nya. Memang sangatlah sulit melawan hawa nafsu kita itu, sehingga ada pepatah mengatakan “Orang yang paling kuat itu adalah orang yang mampu menahan hawa nafsu nya dan sabar ketika mendapat cobaan


5.       Yang paling ringan di dunia itu, meninggalkan solat
Kita semua pasti merasakanya tentang hal ini. Untuk solat sehari lima waktu itu sangat lah sulit. Padahal ketika solat itu hanyalah menghabiskan waktu kita sekitar 5mnt saja. Namun rasanya seperti 5 jam. Berbanding terbalik dengan ketika bermain game berjam-jam namun hanya terasa 5mnt saja. Sebenarnya itu hanyalah godaan hawa nafsu kita saja.
Kalaupun memang kita tidak sanggup untuk melakukan solat sunah, tapi usahakanlah untuk menjaga solat 5 waktu jangan sampai lupa.

6.       Yang paling tajam di dunia, lidah manusia

“Mulutmu harimau mu” Begitulah pepatah mengatakanya. Ketika berbicara kerap sekali terjadi tanpa di sadari  kita sudah menyinggung perasaan orang lain. Itulah lidah manusia. Tajam dan tak bertulang.  Berhati-hati lah dalam berbicara, jangan sampai karena salah berbicara bisa menyakiti hati orang. Perkataan tidak dapat di tarik, jika sudah terlanjur terucap dan membuat hati orang tergores maka minta maaf lah kepada nya.

0 comments:

 
Copyright © . ROJAUR RAFIQI - ·
·