Prospek Jurusan Peternakan

Dunia peternakan sejatinya menawarkan peluang usaha yang sangat besar di pasaran. Buktinya, semakin banyak perusahaan mengaku kekurangan sarjana tenaga ahli peternakan akibat sedikitnya minat mahasiswa mempelajari peternakan. Hal ini sangat disayangkan karena peluang itu tidak sepenuhnya dapat dimanfaatkan.

Program Studi Ilmu Peternakan mempelajari semua kegiatan terkait peternakan.
Mahasiswa nantinya akan mempelajari tentang Teknologi produksi, Teknologi Pakan, Teknologi Pengolahan, serta Manajemen dan perencanaan usaha. Tidak hanya itu saja kita juga bisa mewujudkan usaha peternakan yang berkelanjutan.
Apalagi saat ini produktifitas dan mutu genetik dibidang perternakan sangat rendah di Indonesia, karena hal ini disebabkan peternakan di Indonesia masih menggunakan teknologi yang masih dibilang rendah. Oleh sebab itu, kita sebagai penerus bangsa Indonesia harus bangga akan masuk jurusan Ilmu Peternakan karena kita bisa mempelajari meningkatkan produktifitas dan mutu genetik di peternakan dengan menggunakan teknologi yang modern, dengan itu kita bisa menghasilkan daging yang lebih banyak dan sehat, mempercepat populasi hewan ternak dengan baik, mendapat susu murni dari hewan ternak yang terbaik, dan masih banyak lagi.
Dibidang kedokteran atau dibidang lainnya tidak akan mempelajari hal itu, jutru kita sebagai ahli dibidang Ilmu Peternakan yang akan mengajari mereka juga masyarakat Indonesia.
Seperti halnya orang yang terkena Flu Burung, memang menurut ahli bidang kedokteran bahwa Flu Burung sangat berbahaya dan mematikan, namun sampai saat ini mereka masih mencari bagaimana cara mengobatinya.
Lain hal nya di bidang Ilmu Peternakan, kita bahkan bisa mencegah virus Flu Burung, seperti halnya pribahasa mengatakan “Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati”.
Maka dari itu ahli Ilmu Peternakan justru mencari cara untuk mencegah Flu burung itu, yakni dengan cara memberikan vaksin kepada para pemilik ternak untuk kandang ternak mereka, mecari faktor resiko penyakit tersebut dengan cara penelitian yaitu berkunjung ke pemukinan warga yang memiliki ternak dan ke pasar-pasar ayam, setelah itu hasilnya dibawa dan diperiksa ke laboratorium dan melihat ada tidaknya gejala Flu Burung tersebut. Selain itu, kita juga melakukan penyuluhan kepada para warga yang memiliki ternak yaitu supaya mereka bisa melakukan kebersihan pada kandang-kandang ternak mereka.
Besar sekali manfaat di bidang Ilmu Peternakan , tidak hanya itu saja, prospek kerja lulusan ilmu peternakan sangat luas. Setelah menjadi Sarjana Peternakan, kita bisa bekerja di Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah. Peluang kerja di instansi pemerintahan sangat luas, antara lain di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Lingkungan Hidup, Lembaga Pendidikan, dan Lembaga Riset. Selain itu, lulusan dapat berkiprah di Wildlife dan Agrowisata, Perbankan, Koperasi, Media Masa, Konsultan Agribisnis, dan Konsultan Lingkungan.
Oleh karena itu, jangan meremehkan anak peternakan. Manusia hidup tanpa ketergantungan dengan hasil Peternakan apakah bisa? Bagaimana bisa menjadikan Protein hewani, Daging, Susu, Telur yang berkualitas
Anak peternakan dapat mengatur konsumsi pakan bagi hewan ternak untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Tidak hanya itu saja banyak orang-orang sukses dari lulusan Ilmu Peternakan dan bekerja ditempat yang semestinya dan sesuai dengan bidang mereka masing-masing. Maka dari itu, kita sebagai anak Peternakan harus bangga masuk ke Jurusan Ilmu Peternakan, karena disana kita akan mempelajari banyak hal dan sangat besar manfaatnya pada Ilmu Peternakan.

0 comments:

 
Copyright © . ROJAUR RAFIQI - ·
·